Cara Mudah Mengobati dan Mengatasi Cegukan Pada Bayi

cekukan-pada-bayi

Cara Mengobati dan Mengatasi Cegukan Pada Bayi – Cegukan ini memang tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, namun bayu pun juga dapat mengalaminya.

Tetapi jangan khwatir atau cemas bayi mengalamoi cegukan, karena cegukan dapat hilang dengan sendirinya dan tidak membahayakan kesehatan buah hati anda.

Cegukan ini terjadi karena bayi mengalami perubahan sifat yang biasanya disebabkan karena mengalami tingkat keemosian.

Meskipun cegukan ini tidak berbahaya, namun saja dapat menyebabka bayi tidak akan nyaman serta dapat menyebabkan bayi rewel, tidak maumakan, dan juga batuk – batuk bahkan muntah.

Penyebab cegukan bayi

Cegukan ini terjadi ketika diafragma tiba – tiba berkontraksi yang menuebablan stimulasi pada otot, berdasarkan pakar dokter mengatakan cegukan ini biasanya disebablan oleh aktivitas makan atau minum seperi menyusu ASI, susu formula atauun makanan lainnya.

Bukan hanya itu, cegukan pada bayi akan menyebabkan penurunan suhu bayi dan bahkan akan menyebabkan berbagai macam penyakit datang seperti muntah, batuk dan juga sering menangis.

Nah jika bayi anda mengalami cegukan, berikut adalah cara mengatasi cegukan pada yang harus di coba dengan baik :

1). Mengubah posisi menyusui

Menyusui bayi dengan ASI dengan tidak tepat dapat membuat bayi akan menelan banyak udara yang berlebihan, hal ini juga merupakan salah satu penyebab cegukan muncul.

Salah satu cara mengatasi adalah dengan mengubah posisi menyusui ketika menyusui bayi anda.

Pastikan bayi tidak menelan udara berlebihan. Namun, apabila cegukan masih timbul sebaiknya menghentikan sementara waktu.

2). Tepuk – tepuk punggung bayi

Jika cegukan belum berhenti, anda harus melakukan dengan cara yang lainnya yaitu dengan cara menepuk – tepuk punggung bayi dengan ringan.

Hal ini dilakukan dengan cara menegak bayi menghadap keanda dengan kepala di bahu andam kemudian tepuk punggung bayi dengan lembut akar dapat mengeluarkan udara yang ada didalam tubuh.

3). Mengusahakan bersendawa

cara selanjutnya adalah dengan mengusahkan bayi bersedawa setelah mendapatkan Asi.

Dengan bersendawa akan sangat membantu untuk mengeluarkan udara yang berlebihan didalam perut. Agar dapat menghasilkan jauh lebih maksimal, harus melakukan posisi bayi anda berada di bagian pundak anda.

4). Memijat punggung

Cara berikutnya adalah dengan melakukan pemihatan ringan di bagian punggung bayi. Memijat perlahan – lahan bagian belakang, akan membuat bayi tengan dan nyaman.

Sehingga dapat membuat cegukan pada bayi akan semakin berkurang dan menurun.

5). Menghentikan dulu proses menyusui

Cara mengatasi cegukan yang terakhir adalah dengan menghentikan terlebih dahulu proses menyusui bayi.

Sandarkan bayi anda dengan tegak dengan bahu anda, kemudian tepuk – tepuk lembung bagian punggung seperti ketika anda ingin menyendawakannya.

Hal ini dilakukan untuk mendorong udara dari dafragma ke atas dan bisa mengatasi cegukan dengan baik, setelah ceguhan berhenti, lanjutkan kembali menyusui bayi anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Media dan Berita Online © 2016 Frontier Theme