Cara Merawat Kesehatan Pernapasan Manusia

merawat-pernapasan

Cara Merawat Kesehatan Pernapasan Manusia – Kesehatan pernafasan manusia memang sangat penting dijaga semaksimal mungkin, hal ini dikarena pernafasan manusia memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Namun, untuk menjaga kesehatan pernafasan ini harus membutuhkan kesabaran dan juga menjaga pola hidup yang sangat sehat.

Baca Juga : Kenali 5 Penyakit Yang Sering Menyerang Peredaran Darah

Agar mendapatkan pernafasan kita tetap terjaga dengan baik, kita memang harus melakukan pola hidup dengan sehat. Pola hidup yang sehat ini dapat meningkatkan kesehatan pernafasan melalui cara sebagai berikut ini :

Mengkonsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah terserang berbagai penyakit. Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan bergizi juga akan membantu menjaga kesehatan anda tetap terjaga.

Berolahraga dengan teratur

Tubuh kita sangat membutuhkan oksigen yang sangat cukup untuk membakar sari makanan didalam tubuh. Dengan berolahraga, proses pernafasan dapat diperlancar karena adanya  latihan pernafasan yang benar. Olahraga yang baik bagi kesehatan pernafasan antara lain : senam, altetik, dan renang.

Istirahat dengan teratur

Tubuh kita sangat memerlukan istirahat yang cukup, apalagi pada anak – anak sangat membutuhkan istirahat yang cukup untuk meningkatkan pertumbuhan dan pemulihan tubuh dengan baik. Olah karena itu, sebaiknya lakukan istirahat dengan tidur secukupnya minimal 8 – 9 jam perharinya.

Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun lainnya sangatlah mempengaruhi kesehatan pernafasan anda.  Kebersihan ini bisa anda lakukan dengan cara mandi dan keramas secara teratur serta rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun setelah melakukan aktivitas berat maupun ringan. Sedangkan kebersihan lingkungan mulai dari menjaga kebersiha kamar anda, mulai dari seprai rajin mencuci, sirkulasi udara baik, bantal dan guling sebaiknya harus dibersihkan dengan baik serta kamar juga harus terkena paparan sinar matahari setiap paginya.

Menjauhi asap rokok

Asap rokok berbahaya bagi para perokok dan orang – orang yang ada disekitarnya, hal ini dikarenakan asap rokok mengandung nikotin yang sangat membahayakan kesehatan paru – paru.

Jika terkena maupun menghisap asap rokok secara berkepankanjangan kandungan tersebut akan mengendap dan menempel di dalam paru – paru yang akan mengakibatkan paru – paru akan tidak berfungsi kembali  serta bahkan juga mengakibatkan paru – paru akan terbakar atau terjadi perubahan warna secara fisioligis dari normalnya.

Baca Juga : Kenali Manfaat Biji Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Media dan Berita Online © 2016 Frontier Theme