Kenali 3 Penyebab Kesemutan Saat Melakukan Olahraga

kesemutan-saat-olahraga

Penyebab Kesemutan Saat Olahraga – Pastinya anda pernah merasakan kesemutan saat melakukan olahraga baik ringan maupun berat.

Pada kaki ataupun tangan, dan pastinya anda menganggap bahwa hal tersebut adalah biasa saat sedang olahraga. Namun, akan tetapi tahukah anda bahwa kesemutan saat sedang olahraga bisa menjadi salah satu pertanda bahwa kondisi kesehatan kurang baik.

Baca Juga : 4 Makanan Tepat Untuk Anda, yang Ingin Berhenti Merokok

Lalu, apa yang menyebabkan masalah kesemutan saat melakukan olahraga ? Berikut 3 penyebab yang membuat seseorang mudah kesemutan saat melakukan olahraga diantaranya :

Kekurangan oksigen

Oksigen merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan untuk memecah kadar gula dan lemak sehingga akan membentuk energi saat olahraga. Disaat paru – paru membutuhkan oksigen ke darah, jantung dan pembulih darah akan mentranfer ke organ dan otot.

Namun, bila anda melakukan olahraga  berat secara tiba – tiba dan tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu, akan terjadi peningkatan kebutuhan oksigen di otot dengan mendadak. Olah sebab itu, kurangnya oksigen tersebut akan dapat menyebabkan rasa kesemutan pada tangan, dan kaki saat melakukan olahraga.

Kehilangan elektorit

Elektrolit memang memiliki peranan yang sangat penting pada bagian otot dan saraf. Elektrolit tersebut akan meregulasi cairan dalam tubuh, pH darah, tekanan darah dan memperbaiki kerusakan jaringan.

Sehingga kontraksi otot sangat membutuhkan elektrolit, namun apabila terjadi ketidakseimbangan elektrolit akan menyebabkan kerusakan otot seperti kram otot ataupun kelemahan otot.

Saat melakukan olahraga, elektrolit akan hilang  bersamaan dengan keringat. Jika elektrolit ini tidak tergantikan akan menyebabkan beberapa orang saat melakukan olahraga akan kram, lelah, maupun kesemutan saat olahraga.

Resiko penyakit tertentu

Kesemutan saat melakukan olahraga ternyata dapat juga di sebabkan karena adanya penyakit tertentu. Hal ini dikarenakan kondisi yang sering terjadi pada ujung – ujung saraf, biasanya terjadi pada orang yang menderita diabetes.

Dengan terjadinya kerusakan ujung – ujung saraf tubuh akan merespon sehingga mengakibatkan kesemutan pada anggota tubuh anda.

Untuk mengatasi kesemutan saat olahraga ini sebaiknya dengan melakukan pemasanan dan gerakan pernapasan sebalum melakukan olahraga ringan atau berat agar tubuh dapat melakukan adaptasi dengan meningkatkan kebutuhan oksigen. Selain itu, asupan cairan juga sangat memiliki peranan penting saat melakukan olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Media dan Berita Online © 2016 Frontier Theme