Kenali 5 Penyakit Yang Sering Menyerang Peredaran Darah

penyakit-darah

Penyakit Peredaran Darah – Peredaran darah memang sangat memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh, karena tubuh akan membutuhkan aliran darah melalui pembuluh darah untuk memenuhi kinerja organ – organ yang ada didalam tubuh.

Peredaran manusia pada umumnya terbagi menjadi dua bagian yaitu peredaran darah kecil dan besar, peredaran darah kecil ini memiliki peran untuk mengaliri darah dari jantung menuju keparu-paru dan kembali lagi ke organ jantung.

Baca Juga : Kenali Manfaat Biji Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh

Sedangkan peredaran darah besar ini adalah peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh kecuali pada paru – paru dan kembali kejantung.

Tidak selamanya peredaran manusia berjalan dengan maksimal, ada beberapa masalah yang sering dihadapi para masyarakat mengenai peredaran darah.

Namun, untuk lebih mengenal apa masalah yang sering dihadapi masyarakat peredarah darah tidak berjalan dengan maksimal, berikut lima penyakit yang sering menyerang peredaran darah manusia.

Anemia ( kekurangan darah )

Gejala timbulnya penyakit anemia ini mudah dikenali mulai dari tubuh mudah lelah, lemas, dan juga mudah kecapean. Selain itu, akan menimbulkan beberapa permasalahan seperti anggota badan akan mudah kesemutan dan jantung akan berdebar – debar.  Penyebab penyakit ini antara lain :

  • Pendarahan yang diakibatkan kecelakaan atau luka bagian dalam dan luar tubuh.
  • Kekurangan produksi sel darah merah akibat tubuh kekurangan zat besi.
  • Berbagai akibat penyakit seperti kanker tulang dan berbagai infeksi lainnya.

Penyakit anemia ini tidak parah dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, terutamanya banyak mengandung zat besi. Namun, pada penderita anemia yang parah harus melakukan tranfusi darah.

Leukimia

Penyakit ini sering terjadi karena produksi sel darah putih yang terlalu banyak dan tinggi, akibatnya keseimbangan komposisi darah akan terganggu.  Gejala yang sering menyertai penyakit ini seperti rasa lelah, lemah dan kurang nafsu makan. Lama kelamaan akan menimbulkan rasa nyeri di bagian tulang dan terjadi pendarahan dikulit bagian tubuh lainnya.

Penderita penyakit leukimia ini sebaiknya harus mendapatkan perawatan yang baik di rumah sakit.

Hipertensi ( tekanan darah tinggi )

Penyakit ini akan timbulkan dengan adanya tekanan darah yang meningkat dari biasanya.  Penyakit ini akan mengakibatkan timbulnya gejala seperti resiko penyakit jantungm pembuluh darah otak, dan resiko ginjal. Gejala yang ditimbulkan lainnya adalah antara lain :

  • Nyeri di kepala
  • Jantung berdebar – debar
  • Sesak napas saat melakukan aktivitas berat
  • Badan lemah dan kepala mudah pusing.

Orang yang sudah menderita penyakit ini sebaiknya harus mengurangi penggunaan garam. Selain itu, perlu diketahui penyakit ini harus segera di periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Penyakit jantung bawaan

Penyakit ini sudah diderita sejak lahir atau bayi yang ada didalam kandungan, penyakit ini biasanya disebabkan karena adanya kelainan pada katup jantung. Akaibatnya, darah yang yang mengandung karbondioksida tercampur dengan darah yang mengandung oksigen.

Gejala yang sering ditimbulkan penyakit ini akan terinfeksi saluran pernafasan, selain itu pertumbuhan fisik akan terganggu yaitu tubuh akan lebih kecil dibandingkan dengan yang sehat. Penyakit ini dapat diatasi dengan melakukan operasi.

Pembuluh nadi mengeras

Penyakit ini berupa pembuluh nadi mengeras atau menebal, hal ini disebabkan kelebihan zat kapur, lemak, kolesterol, dan gula dalam tubuh.  penyakit ini dapat menyebabkan penyakit jantung, pendarahan otak ( stroke ) dan nyeri tungkai.

Untuk mencegah penyakit ini, kita harus mengurangi makanan berlemak tinggi terutamanya dari hewan. Berat badan yang berlebih juga harus kurangi dengan melakukan diet sehat yang diawasi oleh dokter.

Baca Juga : Hindari 6 Makanan ini, Dapat Membuat Keringatan Pada Malam Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Media dan Berita Online © 2016 Frontier Theme