Mengenal Macam dan Jenis Vitamin dari Buah dan Sayuran

jenis-vitamin

Jenis-jenis Vitamin dari Buah dan Sayuran  – Vitamin merupakan kelompok zat yang berfungsi sebagai zat pengatur.

Vitamin memang dibutuhkan dalam jumlah yang relatif dalam tubuh, namun memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

kandungan vitamin juga memiliki peran untuk menjaga kesehatan tubuh dengan baik dan mencegah datangnya berbagai penyakit.

Baca Juga : Benarkah Kebanyakan Meminum Kopi Dapat Menyebabkan Tulang Keropos ?

Sedangkan jika, kekurangan vitamin akan mengakibatkan penurunan sistem imum dan mempermudah masukannya berbagai penyakit apapun.

Hal tersebut di katakan sebagai avitaminosis, ada beberapa jenis dan manfaat vitamin yang terdapat didalam buah – buahan dan sayuran sebagai berikut :

Vitamin A

Vitamin A ini biasanya terdapat didalam buah tomat, pisang, wortel, sayuran – sayuran segar dan minyak ikan. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit rabun senja dan membuat kulit menjad kusam atau kering.

Vitamin B

Vitamin B ini terdapat didalam beras tumbuk, jagung, kacang hijau, dan beras merah. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan penyakit beri – beri. Sehingga sangat disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan – makanan tersebut.

Vitamin C

Vitamin C terdapat dalam buah – buahan yang berwarna kuning kemerahan, misalnya tomat, mangga, belimbing, jeruk dan sayuran segar. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, sariawan dan bibir pecah – pecah.

Vitamin D

Vitamin D terdapat dalam susu dan minyak ikan, dengan jarangnya mengkonsumsi Kandungan vitamin D dapat mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit pertulangan ( rakitis ).

Namun, perlu diketahui juga bahwa dengan melakukan penjemuran badan atau seluruh anggota tubuh di paparan sinar matahari akan juga mampu memberikan asupan vitamin D di dalam tubuh anda.

Karena sinar matahari akan juga membantu menguraikan kandungan tersebut dengan baik, sehingga kandungan tersebut akan membantu meningkatkan asupan vitamin D melalui kulit yang terkena matahari langsung.

Vitamin E

Vitamin E ini terdapat di dalam minyak nabati ( minyak kelapa ), susu dan kecambah.  Kekurangan vitamin E ini dapat menyebabkan tingkat kemandulan pada seorang pria, kulit kusam dan tidak halus serta juga akan mengakibatkan kulit mudah kering.

Vitamin K

Vitamin K ini terdapat pada sayur – sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan hati. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan sulitnya melakukan pembekuan pada darah, hal ini dikarenakan hemoglobin didalam tubuh terhambat dengan tersendirinya yang diakibatkan kekurangan vitamin K.

Nah, sudah diketahui bukan bahwa kandungan bermacam  jenis yang ada didalam vitamin sangat memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan terutamanya mengatur kekebalan tubuh, menyehatkan kulit dan lainnya.

Dengan demikian, harus mengkonsumsi makanan berbentuk buah maupun sayuran segar dengan semaksimal mungkin berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh anda. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Mengetahui Penyakit Yang Sering menyerang Alat Pencernaan Manusia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Media dan Berita Online © 2016 Frontier Theme