Pengertian Dan Sistem Reproduksi Manusia Laki – Laki Dan Perempuan

Berikut ini akan kami berikan ulasan singkat tentang artikel kami kali ini yang membahas mengenai pengertian dan sistem reproduksi manusia laki – laki dan perempuan guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sehingga berguna dan dapat menjelaskan tentang sistem reproduksi manusia secara singkat.

Pengertian Dan Sistem Reproduksi Manusia Laki - Laki Dan Perempuan

Pengertian Dan Sistem Reproduksi Manusia Laki – Laki Dan Perempuan

Yang dimaksud dengan sistem reproduksi adalah sebuah rangkaian ‘interaksi’ diantara organ – organ tubuh dan zat di dalam tubuh organisme yang digunakan untuk melakukan pembudidayaan / berkembang biak.

Terdapat perbedaan antara sistem reproduksi pada manusia diantara pria dengan wanita. Pria akan menghasilkan ‘gamet’ jantan / ‘Spermatozoa’ yang terjadi di dalam ‘Testis’. Dalam hal ini Spermatozoa memiliki ukuran rata – rata sangat kecil, sedangkan wanita menghasilkan sel telur / ‘ovum’ yang terbentuk di dalam ‘ovarium’.

A. Sistem Reproduksi Pada Laki – Laki

Dalam hal ini meliputi organ – organ ‘reproduksi’, ‘spermatogenesis’, dan hormon – hormon dari pria. Khusus dirancang guna menghasilkan, mengirim dan menyimpan sperma di dalam cairan yang terlindung yaitu ‘air mani’.

Organ reproduksi pria terdiri dari 2 bagian yaitu organ reproduksi dalam dan luar.

Nah, organ reproduksi dalam berada di dalam tubuh yang terdiri atas bagian – bagian lainnya sebagai berikut :

1. Testis

Berbentuk bulat telur berjumlah sepasang di dalam area ‘skrotum’ / zakar. Merupakan media / tempat terjadinya pembentukan sel – sel kelamin jantan dengan hormon kelamin yang terdiri dari pembuluh – pembuluh halus disebut dengan istilah ‘Tubulus Seminiferus’.

2. Saluran Reproduksi

Saluran ini terdiri dari ‘Duktus Epididimis’ adalah media / tempat untuk pematangan sperma lebih lanjut sekaligus sebagai tempat untuk menyimpan sperma sementara waktu.

3. Kelenjar Kelamin

Pada saluran kelamin dilengkapi dengan 3 jenis kelenjar yang berfungsi untuk mengeluarkan getah / ‘semen’. Kelenjar – kelenjar yang dimaksud antara lain ‘vesikula seminalis’, kelenjar ‘Prostat’ dan kelenjar ‘bulbouretra’.

4. Utera

Merupakan saluran yang menghubungkan antara kantung kemih ke dalam lingkungan luar tubuh. Memiliki fungsi sebagai sebuah saluran pembuangan di dalam sistem kemih atau ‘ekskresi’ maupun terhadap sistem seksual. Utera pada kelompok pria mempunyai fungsi sebagai sistem reproduksi untuk saluran pengeluaran air mani.

Nah, organ reproduksi luar terdiri atas bagian – bagian lainnya sebagai berikut :

1. Penis

Yang dimaksud dengan ‘Penis’ adalah alat kelamin jantan yang memiliki fungsi sebagai organ ‘eksternal’ untuk keperluan ‘urinasi’. Terdiri dari 3 rongga yang terlindung oleh jaringan – jaringan ‘spons’. Jika terjadi sebuah rangsangan maka rongga – rongga tersebut akan teraliri oleh darah sehingga Penis mudah tegang dan terjadi ‘ereksi’.

2. Scrotum / Kantung Zakar

Merupakan kantung dimana di dalamnya berisikan ‘Testis’. Scrotum memiliki jumlah sepasang, masing – masing adalah ‘scrotum’ kanan dan scrotum kiri. Diantara kedua scrotum tersebut dibatasi oleh sekat menyerupai jaringan ikat dan otot polos.

B. Sistem Reproduksi Pada Perempuan

Organ – organ reproduksi pada wanita dibagi menjadi 2 kelompok yaitu di dalam dan dibagian luar tubuh. Nah, untuk organ reproduksi di dalam tubuh masing – masing sulit untuk dilihat secara langsung namun sebaliknya alat – alat reproduksi luar bisa dengan mudah dilihat.

Organ Reproduksi Dalam

Organ reproduksi dalam pada seorang wanita terdiri atas bagian – bagian yang lainnya sebagai berikut :

1. Ovarium

Organ ini terdapat di dalam rongga badan yaitu di daerah pinggang sebelah kanan dan kiri. Di dalamnya memiliki kelenjar ‘endokrin’ dan jaringan tubuh yang membentuk sel telur, disebut dengan nama ‘Folikel’. Nah peristiwa terjadinya pelepasan sel telur dari area ‘ovarium’ usai Folikel matang disebut dengan istilah ‘ovulasi’. Ovulasi yang terjadi pada wanita berlangsung hanya sekali saja.

2. Saluran Tuba Fallopii

Saluran ini berjumlah sepasang yaitu pada bagian kanan dan kiri yang menghubungkan antara ovarium dan rahim. Saluran Tuba Fallopii memiliki fungsi untuk menggerakkan ‘ovum’ menuju ke arah rahim dengan melakukan gerak ‘peristaltik’ dan dibantu oleh media bernama ‘silia’.

3. Rahim / Uterus

Memiliki sebuah ruang yang berbentuk menyerupai buah Pir, dimana pada bagian bawahnya berukuran lebih kecil yang diberi nama leher rahim atau ‘serviks uteri’ dan pada bagian ujung disebut dengan nama badan rahim atau ‘corpus uteri’. Diketahui bahwa lapisan ini menyimpan banyak lendir dan pembuluh darah dimana sebulan sekali akan mengalami masa haid.

4. Vagina

Merupakan sebuah tabung yang berlapiskan otot – otot membujur ke arah belakang dan bagian atas. Dinding vagina berukuran lebih tipis dibandingkan dengan rahim dan memiliki banyak lipatan – lipatan dimana bagian – bagian ini memiliki fungsi untuk mempermudah proses kelahiran bayi.

Baca Juga :

Organ Reproduksi Luar

‘Vulva’ adalah organ reproduksi luar dari seorang wanita yang tersusun oleh jaringan Lemak. Area khusus pada wanita ini disebut dengan istilah ‘Mons Pubis / Mons Veneris’. Dibagian bawahnya memiliki lipatan dalam jumlah sepasang yang disebut dengan nama bibir besar. Pada bagian lebih dalam terdapat lipatan yang lainnya juga berjumlah sepasang yang disebut dengan nama bibir kecil. Kedua lipatan mempunyai fungsi untuk melindungi vagina.

Nah demikian kami menjelaskan semoga bermanfaat !

Updated: 10 November 2018 — 12:08 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Media dan Berita Online © 2016 Frontier Theme